Peran Kyai Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran
Abstract
Pemimpin menjadi barometer keberhasilan kelompok dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemberian motivasi, pengawasan sehingga tercapainya tujuan-tujuan bersama dalam kelompok tersebut. Dengan demikian, kepemimpinan yang baik dapat meningkatkan kemampuan bawahan untuk menunjukkan kualitas kerja secara maksimal, sehingga pencapaian tujuan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Pemimpin, dalam kepemimpinannya menampilkan beragam model dan gaya yang akhirnya akan mengklasifikasikan pemimpin tersebut ke dalam tipe-tipe kepemimpinan tertentu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif sedangkan teknik penelitiannya adalah field reseach, adapun upaya kyai meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar adalah bagaimana memahamkan, mengarahkan, melatih menugaskan, membiasakan, mengawal, dan menjadi uswah hasanah, mendoakan para guru serta menjadi uswatun hasanah. Faktor pendukung yaitu lingkungan pendidikan dan pembelajaran yang representative, fasilitas pendidikan dan pembelajaran memadai, tanggungjawab pengurus, kepedulian, intensitas belajar yang tinggi pengawasan yang melekat, tersedianya fasilitas, dan yang paling penting yaitu, kesadaran guru dalam meningkatkan kompetensi ruh (jiwa) dedikasi, dan kedekatan dan hubungan baik dengan Allah. Faktor penghambat keberhasilan peningkatan yaitu Permasalahan kinerja terjadi pada guru-guru. bahwa kualitas kerja guru belum mencapai sebagaimana yang diharapkan. Masalah tersebut dapat dilihat dari kurangnya kedisiplinan waktu dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas mengajar beberapa guru belum sadar akan jiwa dedikasi (tugas dan fungsi tanggungjawabnya), kurang mengontrol aktivitas belajar dan perilaku anak-anak, banyaknya kesalahan dalam pembuatan laporan bulanan. Selain itu beberapa orang guru masih sangat membutuhkan pengawasan dari atasan dalam melaksanakan tugas.
Copyright (c) 2022 FITRI NURCAHYANI, DZAKIAH DZAKIAH, FIRDIANSYAH ALHABSYI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.