Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Palu)
Abstract
Pembelajaran pada masa pandemi covid-19 mengakibatkan seluruh rangkaian pembelajaran harus beradaptasi terhadap situasi dan kondisi yang disebabkan pandemi termasuk dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Oleh sebab itu, guru dituntut ekstra dalam menyajikan materi pembelajaran kepada peserta didik dan selalu berupaya agar hasil belajar selalu meningkat walau pembelajaran dilaksanankan secara terbatas, upaya tersebut baik berupa penyedian bahan ajara, penggunaan metode serta pemilihan strategi yang dirasa tepat. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang mencakup tiga domain belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Berdasarkan pernyataan tersebut peneliti ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Hasi penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Palu dengan melakukan perbandingan hasil belajar tiap semester dan antara hasil belajar PAI sebelum dan pada saat pandemi covid-19.
Copyright (c) 2022 ARNO. N, AHMAD SYAHID, SAEPUDIN MASHURI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.