Pengelolaan Teknologi Pembelajaran
Abstract
Teknologi pendidikan perlu dikelola dan diterapkan disetiap pembelajaran di kelas terutama dalam pendidikan agama islam. Dalam hal ini perlu adanya pengelolaan yang baik. Kegiatan pengelolaan merupakan salah satu fondasi dari teknologi pendidikan. Hal ini sesuai dengan pengertian teknologi pendidikan, yaitu “studi dan praktek etis dalam memfasilitasi pembelajaran danj meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumberdaya teknologi yang ada kedalam proses pembelajaran yang tepat. Kegiatan pengeolaan meliputi berbagai fungsi yang saling berkaitan satu sama lain. Bagaimana Konsep Pengelolaan Pembelajaran?, Apa Tujuan Pengelolaan Pembelajaran?, Bagaimana Komponen Pengelolaan Pembelajaran?, Konsep pengelolaan pembelajaran adalah cara seorang guru mengatur kelasnya dan mengembangkan tingkah laku siswa yang di inginkan serta mengurangi atau meniadakan tingkah laku yang tidak diinginkan, mengembangkan hubungan interpersonal dan iklim sosio emosional yang positif, serta mengembangkan dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif.Tujuan pengelolaan pembelajaran adalah untuk menghemat waktu dan tenaga. Pengelolaan pembelajaran yang baik menolong dan menyediakan kondisi belajar yang menyenangkan dan prosedur yang efektif dalam menjalankan aktivitas secara ekonomis dan efisien. Menurut Soegito secara garis besar terdapat dua komponen utama dalam keterampilan pengelolaan pembelajaran yaitu: Keterampilan dalam menciptakan dan pemeliharaan kondisi belajar optimal dan Keterampilan dalam pengembalian kondisi belajar optimal.
Copyright (c) 2022 BADRIN BADRIN, SAEPUDIN MASHURI, AHMAD SYAHID
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.