Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Sikap Religius Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora Kabupaten Donggala

  • NURLIANA NURLIANA
  • ASKAR ASKAR
  • RUSTINA RUSTINA

Abstract

Era globalisasi banyak memberikan dampak bagi kehidupan social, terutama di kalangan peserta didik. Banyak peserta didik yang merasakan dampak globlisasi terutama dalam bidang teknologi. hal ini juga memberi pengaruh kepada sikap religius peserta didik oleh karena itu guru terutama guru PAI mempunyai peran penting untuk menerapkan strategi yang tepat untuk membantu meningkakan sikap religius peserta didik. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam artikel ini berangkat dari masalah Bagaimanakah sikap religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora?, dan Bagaimanakah strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan sikap religius peserta didik SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang digunakan oleh guru  Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan sikap Religius Peserta Didik di SMAN 1 Sindue Tombusabora. Adapun beberapa kegiatan yang di lakukan oleh guru PAI dalam meningkatan sikap religius peserta didik adalah sebagai berikut: Kegiatan meningkatan kualitas pembelajaran saat pembelajaran berlangsung, seperti, dengan metode nasihat, memberikan konseling atau bimbingan, memberikan keteladanan, metode pembiasaan, memberikan hadiah, memberikan hukuman serta memberikan perhatian. Sedangkan kegiatan diluar kelas, seperti, kegiatan pesantren kilat, dan  perayaan hari besar Islam contonhnya Isra Mi’raj dan Maulid Nabi. Dengan menerapkan strategi yang telah disebutkan maka strategi tersebut akan dapat memberikan dampak serta meningkatkan sikap religius peserta didik baik itu di dalam sekolah maupun di lingkungan Masyarakat.

Published
2022-07-10