Pengolahan Informasi dan Hubungannya dengan Teori Zone Of Proximal Development (ZPD) Vygotsky (Pengamatan pada Proses Pembelajaran PAI di SMAN 1 Palu Kelas XII IPA 8)
Abstract
Artikel ini membahas tentang Apa Hubungan Pengolahan Informasi dengan Teori Zone of Proximal Development (ZDP) Vygotsky pada proses pembelajaran PAI di SMAN 1 Palu Kelas XII Ipa 8 ? metode yang digunakan adalah metode kualitatif, hasil penelitian menyebutkan bahwa Berdasarkan pengamatan penulis pada pembelajaran PAI kelas XII IPA 8 di SMAN 1 PALU, penulis menemukan bahwa dari 28 orang siswa 5 diantaranya cepat dalam mengolah informasi, 16 siswa sedang, dan 7 sisanya lambat. Dengan kata lain 5 orang siswa sudah terbiasa menghafal ayat-ayat Al-quran sehingga dalam materi pembelajaran hafalan ayat ini, mereka berada pada tingkat perkembangan Actual Development (Bisa menghafal ayat tanpa bantuan orang lain), sementara 23 siswa lainnya berada pada tingkat perkembangan Potential Development (Membutuhkan orang lain/Lingkungan/interaksi social untuk menghafal ayat-ayat Al-qur’an).Pada kasus ini guru menggunakan peserta didik lainnya (Teman sebaya) sebagai Scaffolding yang menstimulus peserta didik lainnya melalui celah yang oleh Vygotsky diebut dengan Zone of Proximal Development (ZPD). Dengan menggunakan metode pembelajaran kelompok, guru membagi peserta didik atas 5 kelompok yang terdiri dari siswa dengan Actual development dan Potential Development secara merata.
Copyright (c) 2022 MUH NUR AFWAN, ADAWIYAH PETTALONGI, SITTI HASNAH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.