Analisis Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu
Abstract
Manajemen sarana prasarana pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayan berbeda dengan manajemen sarana prasarana pendidikan yang ada di sekolah. Dinas pendidikan dan kebudayaan berperan sebagai penyelenggara serta penyaluran perlengkapan dan kelengkpan berupa fasilitas pendidikan. Alasan peneliti mengangkat judul tersebut karena manajemen sarana prasarana di Dinas Pendidkan dan Kebudayaan sangat jarang dibahas dan menarik perhatian Peneliti untuk dapat mengetahui proses manajemen sarana prasarana tersebut dari tahap perencanaan hingga sampai pada tahap penyaluran dan pengawasan ke pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen sarana dan prasarana pendidikan dan kontribusinya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data ada tiga, yaitu; observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu; reduksi data, verifikasi data dan penyajian data. Uji kredibilitas menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu untuk mengecek keabsahan data agar dapat dipertanggungjawabkan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen sarana dan prasarana Pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu berjalan dengan tersistematis dan teratur berkontribusi pada peningkatan layanan pendidikan secara optimal sehingga manajemen tersebut dilakukan melalui proses perencanaan, pengadaan, pengorganisasian, pendistribusian serta penilaian dan pengawasan terhadap sarana dan prasarana pendidikan. Kualitas dan kuantitas menjadi prioritas utama dalam memberikan pelayanan yang bermutu bagi setiap sekolah yang berada di bawah naungan pemerintah Kota Palu, baik sekolah negeri maupun swasta. Peneliti berharap, penelitian ini dapat memberikan banyak manfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya.