Implementasi Prinsip-Prinsip Manajemen Islami Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan: Studi Pada Madrasah Aliyah di Indonesia

  • Sugarto Sugarto UIN Datokarama Palu
  • Mohammad Djamil M Nur Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Ermawati Ermawati Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • M. Jen Ismail
Keywords: Manajemen Islami, Implementasi, Prinsip-Prinsip Pengelolaan Lembaga Pendidikan

Abstract

Pembahasan ini bertujuan untuk mengkaji implementasi prinsip-prinsip manajemen Islami dalam pengelolaan lembaga pendidikan, khususnya pada Madrasah Aliyah di Indonesia. Manajemen Islami yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam seperti amanah, musyawarah, keadilan, dan tanggung jawab memiliki peran penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan ajaran Islam. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip tersebut diterapkan dalam pengelolaan kurikulum, sumber daya manusia, dan proses pengambilan keputusan di Madrasah Aliyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan yang berbasis pada prinsip-prinsip manajemen Islami dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyeimbangkan antara pengetahuan umum dan agama, memperkuat peran partisipatif dalam pengambilan keputusan, serta menciptakan lingkungan yang adil dan bertanggung jawab. Penelitian ini juga menemukan tantangan dalam penerapan prinsip-prinsip tersebut, terutama dalam hal keterbatasan sumber daya dan pengawasan yang belum optimal. Secara keseluruhan, implementasi prinsip-prinsip Manajemen Islami memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan pengelolaan Madrasah Aliyah di Indonesia dan dapat dijadikan model untuk pengelolaan pendidikan berbasis Islam yang lebih baik.

Published
2025-05-27