Manajemen Ppdb Dalam Meningkatkan Kualitas Input Di Lembaga Pendidikan Islam

  • Hartati Hartati Pascasarjana UIN Datokarama Palu
  • A. Markarma Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Jihan Jihan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Manajemen PPDB, Kualitas Input, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas input di lembaga pendidikan Islam. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen PPDB guna meningkatkan kualitas peserta didik yang diterima. Dengan pendekatan kualitatif berbasis kajian pustaka, penelitian ini menemukan bahwa PPDB yang terencana dengan baik, berbasis seleksi akademik, non-akademik, dan karakter Islami dapat meningkatkan kualitas input lembaga pendidikan Islam. Selain itu, transparansi, pemanfaatan teknologi, dan keterlibatan orang tua serta masyarakat menjadi faktor pendukung dalam keberhasilan PPDB. Dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen pendidikan yang efektif, lembaga pendidikan Islam dapat menghasilkan lulusan yang kompetitif dan memiliki akhlak yang baik

Published
2025-05-27