Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Saintifik di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Palu
Abstract
Manajemen pembelajaran secara umum meliputi perencanaan yang matang, implementasi kurikulum yang relevan dan evaluasi berkelanjutan. Manajemen pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan saintifik sangat penting dalam konteks pendidikan modern, terutama dari sudut pandang manajemen. Pendekatan ini mengintegrasikan prinsip-prinsip ilmiah dalam proses pengajaran dan pembelajaran, sehingga memungkinkan pengelolaan kurikulum, sumber daya, perencanaan program lebih tepat sasaran dan evaluasi yang lebih efektif. Dengan demikian, penerapan manajemen pembelajaran berbasis pendekatan saintifik tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Inggris, tetapi juga mengoptimalkan seluruh sistem manajemen pendidikan agar lebih responsif terhadap perkembangan dan kebutuhan siswa. Melihat dari MAN Insan Cendekia Palu yang memiliki sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran sehingga hal ini membuat menarik untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran Bahasa inggris dengan pendekatan saintifik di MAN Insan Cendekia Palu dilakukan dan seberapa efektif penerapannya.