Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Ibnul Mubarok Palu

  • Jihan Salim Al-Amri UIN Datokarama Palu
  • Rusdin Rusdin Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Hamka Hamka Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Kebijakan Pendidikan, Kurikulum Merdeka Belajar, Sekolah Dasar Islam Terpadu

Abstract

Kebijakan Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar di SDIT Ibnul Mubarok Palu telah diimplementasikan oleh pihak sekolah dengan mengusahakan penerapan yang sesuai indikator-indikator Kurikulum Merdeka Belajar, dan mendapat respon baik dari berbagai pihak yang ada di SDIT Ibnul Mubarok khususnya guru dan siswa yang lebih berdampak kerena mereka merasakan langsung pada proses pembelajaran, walaupun masih menghadapi berbagai tantangan, seperti pemahaman yang belum merata di kalangan guru, keterbatasan sumber daya, dan adaptasi terhadap perubahan metode pembelajaran. Namun, terdapat juga beberapa faktor pendukung yang membantu proses implementasi, seperti dukungan dari pihak manajemen sekolah dan partisipasi aktif dari orang tua siswa. Dengan menggunakan teori Inovasi dan Difusi dari Everett Rogers, penelitian ini mengidentifikasi tahapan adopsi inovasi yang telah terjadi di SDIT Ibnul Mubarok, Palu mulai dari tahap pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, hingga konfirmasi. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang lebih efektif dan berkelanjutan di masa mendatang.

 

Published
2024-09-30