Pengembangan Mutu Sumber Daya Pendidik Berbasis Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah di MTsN 2 Kota Palu

  • Iansriastuti Iansriastuti Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Askar Askar Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Jihan Jihan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Mohammad Djamil M Nur Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Mutu Sumber Daya Pendidik, Manajemen Kepemimpinan

Abstract

 Kualitas pendidikan yang rendah seringkali dikaitkan dengan kualitas sumber daya pendidik. Untuk mengembangkan mutu sumber daya pendidik seorang pemimpin profesional harus menyadari bahwa pendidik adalah makhluk sosial yang memerlukan kebutuhan tambahan agar dapat berfungsi secara efektif, berpikir jernih, dan melakukan yang terbaik di tempat kerja. Oleh karena itu, lingkungan kerja di mana mereka bekerja mempunyai dampak yang signifikan terhadap para pendidik. Membangun kondisi tersebut diperlukan sebuah manajemen kepemimpinan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menemukan: (1) Manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan  mutu sumber daya pendidik di MTsN 2 Kota Palu. (2) Faktor pendukung danIpenghambat  kepalaImadrasah dalam mengembangkan mutu sumberIdaya pendidik berbasis Manajemen Kepemimpinan di MTsN 2 Kota Palu.

Penelitian tesis ini, menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data melalui analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data yang diakhiri dengan pengecekan keabsahan data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan  mutu sumber daya pendidik di MTsN 2 Kota Palu menerapkan  fungsi manajemen yaitu perencanaan,pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Diantaranya (a) Perencanaan: menyusun Rencana Kerja Madrasah dan menyusun visi misi madrasah sebagai salah satu dasar untuk pengembangan mutu sumber daya pendidik, kemudian menyusun  strategi dan upaya-upaya yang harus dilakukan dalam proses pengembangan tersebut (b) Pengorganisasian:  kepala madrasah melakukan pembagian tugas-tugas sesuai bidang masing-masing (c) Pelaksanaan: melakukan kerja nyata yang sesuai dengan strategi dan tugas yang telah disusun sebelumnya (d) Pengawasan dalam bentuk supervise, motivasi; (2) Faktor pendukung danIpenghambat  kepalaImadrasah dalam mengembangkan mutu sumberIdaya pendidik berbasis Manajemen Kepemimpinan di MTsN 2 Kota Palu. Faktor pendukung: (a) Memiliki perencanaan program pengembangan sumber daya pendidik, (b) Inisiatif para pendidik sangat baik dalam mengikuti program pengembangan pendidik, (c) Antusia para pendidik yang ingin selalu berkembang dan mau mengikuti pergerakan dunia pendidikan, (d) Kerja sama yang aktif,(e)Lingkungan yang kondusif dan nyaman, (f) Banyaknya Kegiatan pengembangan pendidik yang dilaksanakan di Kementerian Agama. Faktor Penghambat: (a) Terdapatnya beberapa pendidik yang masih indisipliner, (b) Masih ditemukannya sebagian kecil pendidik yang malas untuk mengikuti perkembangan zaman,(c) Terbatasnya waktu bagi pendidik untuk bisa mengikuti kuliah bagi yang melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi, (d) Tidak adanya tindak lanjut yang lebih mendalam terhadap para pendidik yang telah mengikuti program-program pengembangan Pendidik, entah dalam bentuk seminar atau workshop.

Published
2024-09-30