Analisis Penjaminan Mutu Internal Sekolah di SMP Islam Terpadu Al-Fahmi Kota Palu
Abstract
Penelitian ini mengangkat tema analisis penjaminan mutu internal sekolah di SMPIT Al-Fahmi kota Palu. Uraian dalam tesis ini berlatar belakang dari permasalahan bagaimana proses penjaminan mutu internal yang ada di SMPIT Al-Fahmi kota Palu mulai dari mekanisme penetapan standar mutu internal, proses implementasi standar mutu dan juga bagaimana proses evaluasinya.
Untuk menjawab permasalahan tersebut penelitan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan teknik pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SMPIT Al Fahmi merupakan salah satu unit sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Al-Fahmi Palu yang dimana lembaga tersebut terafiliasi dengan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia yang dimana pada praktiknya yayasan dan SMPIT Al-Fahmi Palu menerapkan standar mutu JSIT sebagai tambahan daripada standar mutu pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai acuan kualitas atau mutu pendidikan nasional. Jadi, yayasan dan SMPIT Alfahmi tidak menentukan standar mutu tambahan setelah SNP terpenuhi sendiri akan tetapi hanya bertindak sebagai aplikator dari setiap standar mutu yang telah ditetapkan oleh JSIT Indonesia. (2) Selanjutnya, dalam proses implementasi standar mutu kekhasan dalam menjamin kualitas pendidikan SMPIT Al-Fahmi mengaplikasikan standar pendidik dan tenaga pendidikan bersama standar kurikulum sekolah Islam terpadu yang menjadi objek kajian penelitian ini dari sebelas standar mutu kekhasan JSIT Indonesia. Dimana standar pendidik dan tenaga kependidikan tersebut ditambah dengan dasar-dasar keislaman, mulai dari proses perekrutan sampai dengan proses pengajaran dan pembelajaran yang mana hal tersebut juga didukung oleh manajemen kurikulum sekolah islam terpadu. (3) Proses evaluasi dari setiap standar JSIT Indonesia tersebut dilakukan oleh unsur pimpinan sekolah dan yayasan Al-Fahmi kota Palu sebagai representasi dari JSIT Indonesia dimulai dari proses maanajemen dan perumusan program kerja dalam satu tahun kalender pendidikan, monitoring dalam pelaksanaan dan kinerja setiap unsur yang terlibat didalamnya dan evaluasi program yang dapat menetukan keberhasilan atau kegagalannya sehingga dapat diperbaiki dan ditingkatkan lagi.