Penerapan Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Digital Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Khalifah Palu
Abstract
Penelitian ini membahas tentang “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Digital di Sekolah Dasar Islam (SDI) Khalifah Palu” penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yaitu Bagaimana penerapan sistem informasi manajemen akademik berbasis digital di Sekolah Dasar Islam (SDI) Khalifah Palu? dan Bagaimana dampak dari penerapan sistem informasi manajemen akademik berbasis digital di Sekolah Dasar Islam (SDI) Khalifah Palu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen akademik berbasis digital di Sekolah Dasar Islam (SDI) Khalifah Palu dilaksanakan dengan memanfaatkan/menggunakan beberapa aplikasi yang dibuat oleh KEMENDIKBUDRISTEK yaitu: (1). Aplikasi DAPODIK (data pokok pendidikan) yang digunakan untuk mengatur berbagai data akademik Sekolah Dasar Islam (SDI) Khalifah Palu dan aplikasi E-Raport yang digunakan untuk mengelola berbagai nilai hasil belajar peserta didik, (2). Website PPDB yang digunakan untuk mengelola kegiatan pendaftaran peserta didik baru. Kemudian untuk mendapatkan data yang akurat dan valid, maka tim pelaksana atau admin sekolah melakukan berbagai tahapan pemrosesan data yang meliputi tiga tahapan yaitu pengumpulan data, pengolahan data dan penyimpanan data. Adapun implikasi dari penerapan sistem informasi manajemen akademik berbasis digital di Sekolah Dasar Islam (SDI) Khalifah Palu antara lain yaitu (1). Bagi kepala sekolah berdampak pada mudahnya untuk melihat dan melakukan pengawasan atas berbagai data sekolah guna memperoleh informasi dalam pengambilan keputusan, (2). Bagi guru kegiatan tersebut berdampak pada lebih efektif dan efesien dalam melakukan pengelolaan nilai peserta didik, (3). Bagi tata usaha dampak positif yang dirasakan antara lain memudahkan dalam melakukan pengelolaan data akademik sekolah dan meningkatnya kerjasama antara semua unit kerja yang ada di sekolah, (4). Bagi peserta didik penggunaan sistem informasi manajemen akademik di sekolah berdampak pada mudahnya melihat nilai hasil belajar sehingga akan meningkatkan motivasi belajar, (5). Bagi orang tua dari calon peserta didik baru bahwa pemanfaatan website PPDB berdampak pada mudahnya dalam melakukan pendaftaran peserta didik baru karena cukup menggunakan leptop atau HP dan akses jaringan internet, maka secara otomatis bisa dapat mengisi formulir yang telah tersedia pada form PPDB.