Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meciptakan Budaya Belajar Yang Inklusif Di Lingkungan Sekolah Dasar SDIT Al Fahmi Kota Palu
Abstract
Penelitian ini membahas Kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis dalam menciptakan budaya sekolah yang inklusif di sekolah SDIT Al Fahmi kota palu, dengan fokus penelitian Bagaimana pola kepemimpinan demokratis kepala sekolah dasar islam terpadu Al-Fahmi Kota palu dan Bagaimana upaya kepala sekola dalam membangun budaya sekolah yang inklusif?, Apa saja factor factor pendukun dan penghambat dalam membagun budaya sekolah yang inklusif?, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kulaitatif, dengan tehknik pengumpulan data, observasi wawancara dan dokumentasi.Adapun hasil penelitian adalah kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis dapat menciptakan budaya sekolah yang inklusif dengan memperkuat kompetensi guru, melengkapai kegiatan ekstrakurikuler sekolah ,menjalin hubungan yang efektif,mengadakan rapat, menjadi suri tauladan yang baik .Beberapa kendala yang dihadapi berupa kurangnya fasilitas prasarana yang mana jumlah murid yang setiap tahunnya selalu bertambah, akan tetapi sekarang masih tahap pembangunan dan perluasan lahan, Adapun Faktor pendukung kepala sekolah dalam membangun budaya sekolah yang inklusif di sekolah dasar islam terpadu al fahmi menunjukkan bahwa beberapa guru yang selalu mematuhi aturan sekolah seperti kedisiplinan hal ini juga berpengaruh pada pada budaya sekolah yang baik dan harmonis Saran dalam penelitian ini diharapkan guru tetap menjaga kekompakan dalam melaksanakan peraturan yang ada khususnya peraturan yang bersentuhan dalam kenyamanan dan keharmonisan dalam melaksanakan tugas agar tetap terciptanya budaya sekolah yang inklusif.