Strategi Kebijakan Penerapan Pembelajaran Virtual Berbasis Moderasi Beragama Di SD Islam Khalifah Palu

  • Rosmayanti Rosmayanti
  • Ahmad Syahid Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Adawiyah Pettalongi Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Kebijakan, pembelajaran virtual, moderasi beragama

Abstract

Persoalan moderasi beragama bukan sekedar urusan atau kepentingan orang per orang, melainkan urusan dan kepentingan setiap kelompok dan umat, kepentingan negara dan masyarakat. Lebih-lebih dewasa ini ketika aneka ide telah masuk ke rumah kita tanpa izin dan aneka kelompok yang ekstrim atau lawannya telah menampakkan wajahnya disertai dalih-dalih agama yang penafsirannya sangat jauh dari hakikat Islam. Memang semua pihak mengakui pentingnya moderasi, tetapi apa makna, tujuan dan bagaimana menerapkan serta mewujudkannya tidak jarang kabur bagi sementara kita. Oleh karena itu perlu diketahui strategi kebijakan dan respon guru serta peserta didik terhadap penerapan pembelajaran virtual berbasis moderasi beragama di SD Islam Khalifah Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitia kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: strategi kebijakan penerapan pembelajaran virtual berbasis moderasi beragama di SD Islam Khalifah Palu mencakup: strategi pengembangan sumber daya manusia, strategi pengelolaan pembelajaran virtual, strategi pengelolaan pembiayaan dan strategi pengembangan sarana dan prasarana. Respon guru terhadap kebijakan pembelajaran virtual yaitu: pembelajaran virtual membutuhkan persiapan yang lebih dibandingkan dengan pembelajaran offline, materi pelajaran yang telah disiapkan dapat digunakan berulang-ulang, guru menjadi lebih kreatif dalam mendesain  pembelajaran, pembelajaran guru menjadi lebih menarik dan mengandung nilai sosial-keagamaan serta pengelolaan hasil belajar menjadi lebih mudah dan orang tua dapat mengetahui tentang prestasi dan kelemahan anaknya. Sedangkan respon peserta didik: peserta didik termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran, mengenalkan nilai-nilai moderasi beragama dan membentuk karakter, peserta didik merasa senang dalam belajar dan menjadi lebih aktif dalam belajar

Published
2024-07-02