Strategi Pemasaran Pendidikan Melalui Media Sosial Di Sd Islam Khalifah Palu
Abstract
Peneltian ini membahas tentang “Strategi Pemasaran Pendidikan Melalui Media Sosial di SD Islam Khalifah Palu”. Penelitian ini berfokus pada : (1) Bagaimana strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial di SD Islam Khalifah Palu (2) Bagaimana Implikasi Efektifitas Pemasaran pendidikan dalam calon peserta didik di SD Islam Khalifah Palu.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Agar data yang diperoleh terjamin validitas dan kredibilitasnya maka diadakan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran yang dilakukan di SD Islam Khalifah Palu sudah memenuhi kriteria dari komponen-komponen yang ada di bauran pemasaran Perencanaan ,pengorganisasian , Strategi ,Dan penentuan media sosial. Untuk proses pemasaran yang dilakukan di SD Islam Khalifah Palu sudah menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran sekolah. Adapun media sosial yang digunakan oleh SD Islam Khalifah Palu sebagai alat pemasaran yaitu melalui Facebook, dan WhatsApp Adapun tantangan atau pengaruh yang dihasilkan dari pemasaran pendidikan melalui media sosial yaitu dibuktikan dengan naiknya jumlah peserta didik tiap tahunnya dari 5 sampai 10%. Kemudian dikenalnya sekolah oleh masyarakat luas baik di dalam kota Palu maupun dari luar kota Palu sehingga dengan adanya pemasaran pendidikan melalui media sosial orang tua/wali murid dapat mendaftarkan anaknya ke SD Islam Khalifah Palu dan calon peserta didik baru dapat melihat profil sekolah melalui media sosial serta dengan adanya pemasaran pendidikan melalui media sosial sekolah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya khususnya dalam bidang pemasaran pendidikan.
Copyright (c) 2023 Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.