Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Tenaga Pendidik di SD Alkhairaat 1 Palu

  • Moh Rifad
  • Firdiansyah Alhabsyi
  • Sitti Nadirah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Tenaga Pendidik di SD Alkhairaat 1 Palu”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai kepemimpinan transformatif kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital tenaga pendidik di SD Alkhairaat 1 Palu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskrptif. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Agar data yang diperoleh terjamin validitas dan kredibilitasnya maka diadakan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan kepemimpinan transformatif kepala sekolah di SD Alkhairaat 1 Palu dengan (a)Pengaruh idealisme kepemimpinan kepala sekolah dilakukan membangun komitmen tenaga pendidik terhadap tugas yang diberikan, melakukan supervisi dan monitoring pembelajaran tenaga pendidik secara berkala, menjadi teladan yang baik dan melibatkan seluruh warga sekolah dalam merencanakan program sekolah serta komitmen dengan program tersebut. (b) Motivasi inspiratif kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan komunikasi yang menginspirasi , memberi dorongan bahwa tugas tenaga pendidik dalam mengamalkan ilmu tidak hanya untuk urusan dunia tapi juga untuk bekal diakhirat, memberikan teladan yang baik, memberikan saran dan kiat dengan berbagi pengalaman (c) Stimulus Intelektual kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan sikap terbuka terhadap kritik dan saran bawahan dan melibatkan seluruh warga sekolah untuk pengambilan kebijakan (d) Kesadaran individu kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan memperhatikan dan peduli terhadap kebutuhan tenaga pendidik, menampung aspirasi, keluh kesah dan mencarikan solusi serta memberikan penghargaan maupun reward bagi guru yang berprestasi. (2) kepemimpinan transformatif kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital tenaga pendidik dengan memberikan kebijakan umum seperti mengikutkan workshop, diklat, seminar dan studi banding ke sekolah yang sudah maju dalam hal digitalisasi.

Published
2023-06-05