Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 11 Kota Palu

  • Jusrin Jusrin
  • Kamaruddin Kamaruddin
  • Saepudin Mashuri
  • Rusdin Rusdin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 11 Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, melalui observasi dan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 11 Kota Palu, yaitu: (a) Tipe Kepemimpinan Demokratis: memberikan pengarahan, seorang pemimpin harus mampu mengarahkan kegiatan ke arah yang positif, bertindak ramah dan penuh perhatian, sabar dan membantu, memperlihatkan simpati dan dukungan serta mendengarkan keluhan dan masalah guru. (b) Tipe Kepemimpinan Partisipatif:kepala  sekolah memberikan motivasi dengan  tujuan  untuk  membangkitkan  semangat  kerja  para guru dan (c) Tipe Kepemimpinan  Transformatif: memantau kinerja guru dari segi keprofesionalan dalam mengajar. Professional dapat dilihat dari kemampuan  menghasilkan  kerja  yang  lebih  baik  dari  pada ukuran biasa yang sudah umum, dan diwujudkan dalam program unggulan.  Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 11Kota Palu diwujudkan dalam beberapa program unggulan, yaitu program pembinaan tanggung jawab guru, program pelaksanaan kegiatan pembelajaran, program pembinaan kedisiplinan guru dan program pembinaan komitmen guru.

Published
2022-11-09